Loading...
en

7 type data C++ from Admin's blog

7  Tipe Data C++

Tipe data digunakan untuk menentukan jenis nilai yang akan disimpan ke dalam variabel untuk kemudian di proses dalam program kita. Ketika anda mendeklarasikan sebuah variabel, pada dasarnya anda sedang memesan sebuah ruang didalam memori. Lalu besarnya memori dipengaruhi oleh Tipe Data.

Untuk itu, kita akan mengenal beberapa tipe data dalam Bahasa C++.

Pada C++ memiliki beberapa tipe data built-in yang langsung anda gunakan. yaitu :

Tipe Data

Keyword

Boolean

bool

Character

char

Integer

int

Floating point

float

Double

double

Valueless

void

Wide character

wchar_t

Ukuran memory dan jangkauannya, dapat dimodifikasi dengan type modifiers berikut

  • signed
  • unsigned
  • short
  • long


#1 Tipe Data Boolean (bool)

Booleanadalah salah satu tipe data yang hanya memiliki dua pilihan yaitu True (1) atau False (0). Tipe data ini biasanya digunakan untuk memberikan kondisi pada program. …atau bisa juga memastikan kebenaran dari sebuah operasi.

Besarnya memori yang dibutuhkan tipe data bool yaitu 1 byte atau 8 bit.

#2 Tipe Data Character (char)

Characteradalah salah satu tipe data yang memungkinkan kita untuk memesan memori berformat text (huruf, angka, dan simbol) dengan karakter tunggal.

Besarnya memori yang dibutuhkan tipe data char yaitu 1 byte atau 8 bit.

Perlu diingat bahwa tipe data char hanya dapat menyimpan data berbentuk karakter dan hanya satu karakter, oleh karena itu apabila anda memasukan lebih dari 1 karakter maka nilai yang akan tersimpan hanya karakter pertama.

#3 Tipe Data Integer (int)

Integeradalah salah satu tipe data numerik yang memungkinakan kita untuk menyimpan data dalam bentuk bilangan bulat.

Besarnya memori yang dibutuhkan tipe data int yaitu 4 byte atau 32 bit.

Dengan menggunakan tipe data integer hal ini memungkinkan kita untuk melakukan sejumlah operasi aritmetika seperti perkalian dan lain sebagainya.

#4 Tipe Data Floating Point (float)

Floating Pointadalah tipe data numerik yang memungkinkan untuk menyimpan nilai dalam memori bersifat bilangan pecahan atau real, maupun eksponensial.

Besarnya memori yang dibutuhkan tipe data float yaitu 4 byte atau 32 bit. Berikut ini contoh program C++ menggunakan tipe data float:

#5 Tipe Data Double Floating Point (double)

Double Floating Pointsama seperti float yaiut salah satu tipe data yang bersifat menyatakan bilangan pecahan atau real, maupun eksponensial.

Bedanya adalah penyimpanan angka masimal lebih besar daripada float dan otomatis double juga akan membutuhkan memori yang lebih besar.

Besarnya memori yang dibutuhkan tipe data double yaitu 8 byte atau 64 bit. Berikut ini contoh program C++ menggunakan tipe data double:

#6 Tipe Data String (string)

Stringmerupakan tipe data text (huruf, angka, dan simbol) yang memungkinkan kita menyimpan nilai dengan bentuk text, kumpulan dari character.

Besarnya memori yang dibutuhkan tipe data string yaitu 4 byte atau 32 bit. Berikut ini contoh program C++ menggunakan tipe data string:

Sama seperti halnya tipe data char, dalam tipe data string kita bisa menggunakan karakter dan angka dengan ketentuan tidak dapat dilakukan operasi aritmetika.

Namun perbedaannya, jika dalam tipe data char kita hanya mampu menyimpan nilai satu karakter untuk tiap variabel, hal ini tidak berlaku pada tipe data string.

Hal ini di karenakan Stringmerupakan tipe data composite.

#7 Tipe Data Valueless (void)

Valuelessadalah salah satu tipe data yang berarti “tidak ada” atau “tidak mempunyai tipe data”. Namun disini kita belum akan membahasnya lebih detail.

Void termasuk katagori tipe data namun kita tidak bisa menggunakanya pada variabel biasa, void biasanya digunakan pada functionyang tidak mempunyai return value.

Besarnya memori yang dibutuhkan tipe data void yaitu 1 byte atau 8 bit.

Sumber : www.kodedasar.com


Previous post     
     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment

Post

By Admin
Added Jul 9 '19

Tags

Rate

Your rate:
Total: (0 rates)

Archives